Roti panggang bisa dijadikan sebagai ide sarapan sehat, enak dan praktis di buat. Membuat roti panggang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya.

Roti panggang sudah ada hampir sejak awal peradaban, di buat oleh orang Mesir untuk menyedapkan roti lama. Merupakan salah satu makanan populer dan membuat roti panggang sangat praktis. Biasanya banyak orang mengkonsumsi untuk sarapan. Tidak hanya di Indonesia saja tapi berbagai negara juga menggemari roti panggang ini. Kepingan roti yang di panggang dengan proses radiasi termal sehingga roti menjadi lebih kecoklatan dan garing.

Hasil yang mengubah rasa roti dan membuatnya lebih kering sehingga lebih mudah untuk menaburkan topping di atasnya dari warna yang kecoklatan. Sebuah metode umum untuk membuat roti basi menjadi lebih enak merupakan cara dari memanggang roti. Biasa nya dengan menggunakan toaster atau pemanggang roti untuk memanggang roti tetapi juga bisa menggunakan oven.

Roti panggang umumnya dimakan dengan olesan mentega atau margarin, dan bahan olesan dengan rasa dasar manis, contoh nya selai atau jelly. Untuk rasa yang gurih ada juga yang menggunakan olesan. Dengan rasa selai kacang dan ekstrak ragi yang populer di berbagai wilayah.

Meskipun sama, ada perbedaan mendasar antara roti panggang dan roti bakar yaitu media yang digunakan untuk memanaskan roti.

Membuat Roti Panggang

Jika anda ingin mencoba membuat roti panggang sendiri dengan rasa enak, inilah langkah-langkah nya :

bahan-bahan yang di butuhkan :

  • 4 potong roti tawar (sesuai dengan porsi yang di butuhkan)
  • 2 sendok makan mentega, lalu lelehkan
  • 2 sendok makan kacang atau selai buah (pilih sesuai selera)
  • 2 buah pisang matang, iris tipis / opsional.
  • 2 sendok makan madu / opsional.
  • Keju parut / opsional
  • Cokelat chip / opsional
  • Kayu manis bubuk / pilihan

Langkah-langkah Pembuatan Roti Panggang :

  • Siapkan bahan dan peralatan : Pastikan kita sudah menyiapkan semua bahan yang di butuhkan. Lalu panaskan oven kita ke suhu 180 derajat celcius dan siapkan loyang panggang.
  • Lelehkan mentega : mentega di lelehkan dalam microwave atau di atas kompor dengan api kecil. Pastikan mentega benar-benar cair,
  • Oleskan mentega pada roti : Ambil potongan roti tawar dan oleskan mentega leleh ke satu sisi roti. Ini untuk memberikan rasa dan tekstur yang¬† lembut dan lezat pada roti panggang.
  • Tambahkan selai : Jika kita suka, tambahkan dan sebarkan selai kacang atau selai varian buah di atas potongan roti yang sudah di olesi mentega.
  • Tambahkan topping / pilihan : Sekarang, kita dapat menambahkan pisang iris, keju parut , cokelat chip, meses, susu kental, dan kayu manis bubuk sesusai selera masing-masing.
  • Susun dan panggang : Tutup potongan roti dengan potongan lainnya untuk membuat sandwich. Lalu letakkan roti panggang di loyang panggang yang telah kita siapkan.
  • Panggang dalam oven : Panggang roti selama sekitar 10-15 menit, atau hingga roti menjadi kecoklatan gurih dan lezat.

Perlu kita ketahui juga manfaat dari mengkonsumsi roti panggang, yaitu sebagai berikut :

Manfaat :

  1. Menjaga berat badan

Dengan mengkonsumsi roti panggang secara rutin. Ternyata roti panggang bisa mengurangi lemak di dalam tubuh. Sebaiknya diimbangi dengan berolahraga dan menjaga pola makan.

2. Meningkatkan energi

Roti panggang mengandung karbohidrat. Kandungan dari karbohidrat membantu untuk meningkatkan energi pada tubuh kita. Hal tersebut membuat kenyang hingga siang. Untuk mencegah rasa lapar yang tiba-tiba dan perlu nya mengkonsumsi roti panggang.

3. Menghilangkan rasa mual

Rasa mual tentunya mengganggu dan membuat tidak nyaman. Salah satunya bisa kita atasi dengan mengkonsumsi roti panggang.  Dengan mengkonsumsi dalam porsi kecil, dapat mengatasi rasa mual dan menghilangkan rasa mual.